Informasi

Persyaratan Dokumen Adminduk
  • Surat Keterangan Lahir Asli dari Dokter / Rumah Sakit / Bidan / Desa/Kelurahan
  • Fotokopi Akta Perkawinan orang tua / Buku Nikah yang telah dilegalisir oleh KUA setempat
  • Fotokopi Kartu Keluarga yang telah tercantum nama yang akan dibuatkan akta
  • Fotokopi KTP el orang tua
  • Fotokopi KTP el dua orang saksi
  • Fotokopi ijazah bagi yang sudah memiliki
  • Surat kuasa bermaterai cukup bagi yang dikuasakan, dilampiri fotokopi KTP el penerima kuasa
  • Fotokopi Pasport yang dilegalisir di kantor imigrasi bagi penduduk mantan TKI/TKW atau yang pernah melakukan perjalanan keluar negeri
  • Untuk orang asing, ditambah :
    • Fotokopi Surat Keterangan Tinggal Tetap (SKTT) orang tua bagi pemegang Izin Tinggal Sementara
    • Fotokopi paspor yang dilegalisir
  • Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) Data Kelahiran Bagi yang tidak dapat menunjukan Surat Kelahiran dari Dokter / Rumah Sakit / Bidan / Desa/Kelurahan
  • Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) pasangan Suami Istri Bagi yang tidak dapat menunjukan Buku Nikah / Akta Perkawinan Orang Tua, tetapi dalam Kartu Keluarga sudah tercantum sebagai suami istri.
  • Surat Keterangan Kematian Dari Dokter/Paramedis
  • Surat Keterangan Kematian Dari Desa
  • Kartu Keluarga dan KTP-el yang meninggal atau ahli waris
  • Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal jika ada
  • Fotokopi KTP-el dua orang saksi
  • Surat kuasa bermaterai cukup bagi yang dikuasakan, dilampiri fotokopi KTP el penerima kuasa
  • Untuk orang asing, ditambah
    • Fotokopi Surat Keterangan Tinggal Tetap (SKTT) bagi pemegang Izin Tinggal Sementara Terbatas (ITAS)
    • Fotokopi paspor yang dilegalisir

Syarat Penerbitan Kartu Keluarga

Pembuatan Kartu Keluarga Baru : 

  1. Mengisi Formulir F.101 dan F.106 yang ditanda tangani Kepala Desa/Kelurahan serta diregister Desa (Silahkan ke Balai Desa / kelurahan).
  2. FC Surat Nikah
  3. FC Kutipan Akte Kelahiran / ijazah 

Perubahan KK karena Perubahan Anggota Keluarga : 

  1. Mengisi Formulir F.101 dan F.106 yang ditanda tangani Kepala Desa/Kelurahan serta diregister Desa (Silahkan ke Balai Desa / kelurahan).
  2. Kartu Keluarga yang lama
  3. Kutipan Akta Kelahiran  / Surat Kelahiran dari Desa

Perubahan KK karena penambahan Anggota Keluarga Menumpang :

  1. Mengisi Formulir F.101 dan F.106 yang ditanda tangani Kepala Desa/Kelurahan serta diregister Desa (Silahkan ke Balai Desa / kelurahan).
  2. KK lama yang akan ditumpangi data.
  3. Surat Keterangan Pindah datang bagi Penduduk Pindah dalam wilayah NKRI, dan/atau
  4. Surat Keterangan Datang dari Luar negeri bagi WNI yang datang dari Luar negeri Karena Pindah

Perubahan KK karena Pengurangan Anggota Keluarga : 

  1. Mengisi Formulir F.101 dan F.106 yang ditanda tangani Kepala Desa/Kelurahan serta diregister Desa (Silahkan ke Balai Desa / kelurahan).
  2. KK lama
  3. Surat Keterangan Kematian (bagi yang meninggal) / Surat Keterangan Nikah (bagi yang menikah) / Surat Keterangan Pindah (bagi yang pindah)

Penerbitan KK karena hilang : 

  1. Mengisi Formulir F.101 dan F.106 yang ditanda tangani Kepala Desa/Kelurahan serta diregister Desa (Silahkan ke Balai Desa / kelurahan).
  2. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepala Desa / Kelurahan
  3. FC KK (jika ada)
  • Surat Keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama/pendeta atau surat perkawinan penghayat kepercayaan yang di tandatangani oleh pemuka penghayat kepercayaan
  • Surat Keterangan dari desa atau kelurahan
  • Formulir Pencatatan Perkawinan
  • Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran suami dan istri (dilegalisir)
  • Fotokopi KK dan KTP-el suami dan istri
  • Pas foto berdampingan suami dan istri 4X6 sebanyak 4 (empat) lembar
  • Fotokopi KTP-el 2 (dua) orang saksi
  • Untuk orang asing, ditambah :
    • Fotokopi Surat Keterangan Tinggal Tetap (SKTT) suami atau istri pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS)
    • Fotokopi paspor suami atau istri (dilegalisir)
    • Surat Keterangan/izin dari perwakilan negara yang bersangkutan bagi suami atau istri
    • Bagi perkawinan antar Orang asing membawa kelengkapan dari kedutaan besar yang bersangkutan   
  • Kutipan Akta Perkawinan yang bersangkutan
  • Salinan Putusan Pengadilan Negeri mengenai perceraian yang telah memperoleh kekuatan Hukum tetap   
  • Formulir Pencatatan Perceraian
  • Fotokopi KK dan KTP-el yang bersangkutan.
  • Surat Kuasa bermaterai cukup bagi yang dikuasakan, dilampiri fotokopi KTP-el penerima kuasa
  • Untuk orang asing, ditambah :
    • Fotokopi Surat Keterangan Tinggal Tetap (SKTT) suami atau istri pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS)
    • Fotokopi paspor suami atau istri (dilegalisir)
  • Warga Negara Indonesia (WNI) : 
    • Berkas permohonan pernerbitan SKPWNI yang sudah di setujui oleh RT/RW, Kepala Desa, dan Camat
    • KK dan KTP-el pemohon
    • Pas foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak 4 (empat) lembar dengan latarbelakang warna biru bagi yang memiliki tahun kelahiran genap dan latar belakang warna merah bagi yang memiliki tahun kelahiran ganjil
    • Surat izin dari Suami / Istri bagi Suami/istri yang pindah sendiri.
    • Fotocopy Surat Nikah bagi yang sudah menikah.
  • Orang Asing :
    • Berkas permohonan penerbitan surat pindah
    • KK dan KTP-el atau SKTT pemohon
    • Pas foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak 4 (empat) lembar dengan latarbelakang warna biru bagi yang memiliki tahun kelahiran genap dan latar belakang warna merah bagi yang memiliki tahun kelahiran ganjil.
  • Surat Keterangan pindah dari daerah asal
  • Biodata penduduk dari Daerah atau Negara Asal
  • KTP Elektronik dari daerah Asal
  • Fotocopy Buku Nikah bagi yang sudah menikah

Penerbitan KTPel Baru

  • Telah berusia 17 (tujuh belas) Tahun atau sudah nikah atau pernah nikah
  • Mengisi formulir F-1.21 permohonan pembuatan KTP-el di Desa/Kelurahan
  • Fotocopy Kartu Keluarga

Penerbitan Ulang KTP-el Karena Rusak / Perubahan Data

  • KTP-el Asli
  • Fotocopy Kartu Keluarga

Penerbitan Ulang KTP-el Karena Hilang

  • Fotocopy KTPel (jika ada)
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  • Dokumen pendukung yang memiliki ketetapan hukum (Akta Kelahiran, Ijazah,Akta Perkawinan / Buku Nikah, Penetapan Pengadilan Negeri) sebagai dasar perubahan data.
  • Kartu Keluarga dan KTPel pemohon
  • Surat Pernyataan Perubahan Data bermaterai 6000 yang diketahui oleh Desa dan Kecamatan
Informasi dan Aduan

Dalam rangka meningkatkan layanan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Brebes membuka layanan pengaduan / pertanyaan terkait dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), dll. Untuk layanan pengaduan/pertanyaan terkait dokumen kependudukan tersebut, silahkan untuk menghubungi beberapa media aduan kami di :

Email Dinas : dindukcapil@brebeskab.go.id

Telepon : ( 0283 ) 671 322

SMS Dinas : +62 817 70 3329

Facebook Dinas : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Brebes

WhatsApp : +62 817 70 3329

Twitter Dinas : @capilbrebes

Instagram Dinas : disdukcapilbrebes