DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN BREBES

JEMPOL KALIH PROGRAM DINDUKCAPIL UNTUK MENDUKUNG UPAYA PEMERINTAH BAGI PEMILIH PEMULA

Publikasi : 28 Februari 2018 | 12:45 WIB

JEMPOL KALIH PROGRAM DINDUKCAPIL UNTUK  MENDUKUNG UPAYA PEMERINTAH BAGI PEMILIH PEMULA

Menjelang perhelatan akbar pemilihan kepala daerah khususnya di Jawa Tengah yang akan di gelar tanggal 27 juni 2018, Dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Brebes medukung upaya tersebut dalam pemenuhan data pemilih pemula.

Program Jempol Kalih adalah langkah yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten brebes dengan cara menjemput data para pemohon khususnya pemilih pemula.

Ada 4 tim yang akan di terjunkan ke sekolah-sekolah di seluruh kecamatan di Kabupaten Brebes tim tersebut bertugas untuk membantu pemilih pemula dalam perekaman e-KTP di sejumlah sekolah ,supaya pemilih pemula kedepannya bisa mencetak e-KTP.

Rencana akan ada 12 sekolah yang di kunjungi oleh tim tersebut. Pada tanggal 24 Januari lalu tim pertama di tugaskan untuk melakukan perekaman e-KTP di SMAN 1 Brebes dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB siswa SMAN 1 Brebes sangat antusias di program Jempol Kalih kali ini. Menurut Drs Sugiri selaku Kabid yang membawahi program Jempol Kalih tersebut mengatakan, program ini adalah program pemerintah daerah guna melakukan percepatan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula melalui Dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Brebes.

Tim ini di target 200 perekaman untuk setiap sekolah di satu tim, namun target itu bisa di capai bila beberapa faktor itu tidak menjadi kendala antara lain kecepatan Internet untuk melakukan perekaman, pemenuhan persyaratan bagi pemilih pemula seperti kartu keluarga dan Ijazah namun jika memang tidak ada Ijazah Kartu keluarga pun cukup, dan yang terpenting di sekolah tersebut siswanya banyak yang belum memiliki KTP jika memang banyak yang memiliki KTP mungkin target itu tidak bisa terpenuhi.

Beliau juga menambahkan dalam pelaksanaannya di SMAN 1 Brebes kali ini kemungkinan ada 150 siswa yang melakukan perekaman dikarenakan tingginya kesadaran siswa SMAN 1 Brebes ini banyak yang melakukan perekaman e-KTP di Kecamatan masing-masing.

 Namun siswa SMAN1 Brebes yang belum mendaftar di Kecamatan kali ini sangat antusias dalam perekaman e-KTP tersebut.


Penulis Artikel : Unggul Agus P, SH

Bagikan :

Komentar Anda